الحال هو الوصف الفضلة المنتصب للدلالة على الهيئة
Hal adalah sebuah wasaf yang fuzlah (bukan musnad / musnad ilaih) yang nashab untuk mengindikasikan pada kelakuan. Adakala ia sarih ataupun muawwal (jumlah/serupa jumlah).
Hal terbagi 3 pembagian.
1. Hal Mufrad : Hal yang bukan berbentuk jumlah atau serupa jumlah.
Contoh : جاء زيد راكبا (zaid datang dengan berkendara)
2. Hal Serupa Jumlah : Jatuhnya dharaf atau jar-majrur pada posisi hal.
Contoh : فخرج على قومه في زينته (keluarlah qarun pada kaumnya dalam kemegahannya)
3. Hal Jumlah : Jatuhnya jumlah ismiyah atau fi'liyah pada posisi hal.
Contoh : ....سمعت الرسول قال (aku mendengar Rasul yang berkata ia...)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar