Sabtu, 12 September 2020

Pembagian Huruf Jar (في)


Huruf ini terbagi dalam 2 bagian.

1. Huruf jar asli.

Kalimat في yang menjadi huruf jar asli mempunyai 8 makna.

a. Dharfiyah, adakala makaniyah, zamaniyah atau majaziyah.

Contoh :

جلست في الدار

Aku duduk didalam rumah.

سافرت في المساء

Aku bermusafir di sore hari.

و لكم في القصاص حياة

Dan didalam qishas itu ada jaminan kelangsungan hidup bagi kalian.


b. Mushahabah : Bersama/Beserta.

Contoh : 

فخرح على قومه في زينته

Maka keluarlah Qarun pada kaumnya beserta kemegehannya (Pendapat zahir bermakna Dharfiyah).


c. Ta'lil : Alasan.

Contoh :

دخلت إمراة النار في هرة

Perempuan masuk neraka dengan sebab kucing.


d. Isti'lak : Diatas.

Contoh :

ولَأصلبَنكم فِى جذوع النخل

Sungguh aku akan menyalib kalian semua diatas pohon kurma.


e. Bermakna seperti ب : Dengan.

Contoh : 

انت خبير في هذا الامر

Engkau pemberi berita dengan ini perkara.


f. Bermakna seperti الى : Kepada.

Contoh :

فَردوا أيْديهم فى أفواههِم

Maka mereka menutupkan tangannya ke mulutnya.


g. Bermakna seperti من : Sebagian dari.

Contoh :

أخذت كتابا في خمسة كتب

Aku mengambil satu kitab dari lima segala kitab.


h. Muqayasah : Analogi/perbandingan.

Contoh : 

فما متاع الحياة الدنيا في الآخرة الا قليل

Maka Kenikmatan dunia bila dibanding dengan akhirat hanyalah sedikit.


2. Huruf jar ziyadah.

Huruf في yang menjadi jar ziyadah terbagi dalam 2 bagian.

a. Ta'wiz : Digunakan karena mengganti dari sesuatu kalimat yang dibuang.

Contoh :

اكلت ما رغبت فيه -----> اكلت فيما رغبت

Aku makan sesuatu yang aku senangi padanya

|

Aku makan sesuatu yang aku senangi.

Jumlah فيه dibuangkan dan digantikan dengan في yang men-jarkan ما mausul.


b. Taukid : Masuk pada fiil yang Mutaa'di dengan sendirinya.

Contoh : 

و قال اركبوا فيها ----> اركبوها

Dan Nabi Nuh berkata : Naiklah kalian ke bantera . . . 

Fiil اركبوا adalah fiil yang Mutaa'di dengan sendirinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar