Rabu, 05 Agustus 2020

Pembahasan Kalimat (Ilmu Nahwu)



الكلمات ثلاثة وهي الاسم والفعل والحرف .
🔸الاسم هو كلمة دلت على معنى في نفسها غير مقترن باحد الازمنة الثلاثة .

Isim adalah Suatu kalimat yang mempunyai makna pada dirinya dan ia tidak mengandung zaman yang 3 ( lampau, sekarang dan akan datang). Isim dinamakan dengan Isim karena tingginya (سموه) dari pada 2 saudaranya (Fiil dan Huruf) dari segi Isim tidak membutuhkan kepada yang lainnya untuk menyempurnakan kalam dan Isim dibutuhkan oleh yang lainnya.
Isim terbagi kepada 2 bagian : Isim Zahir dan Zamir.

🔸الفعل هو كلمة دلت على معنى في نفسها واقرنت باحد الازمنة الثلاثة .
Fiil adalah Suatu kalimat yang mempunyai makna pada dirinya dan ia mengandung salah satu dari zaman yang 3 ( lampau, sekarang dan akan datang). Fiil dinamakan dengan Fiil dikarenakan ia mengindikasikan kandungan makna fiil secara lughah yaitu Kejadian.
Fiil terbagi kepada 3 bagian : Fiil Madhi, Mudharik dan Amar.

🔸الحرف هو كلمة لم تدل على معنى في نفسها بل في غيرها ولم تقترن بزمن .
Huruf adalah Suatu kalimat yang tidak mempunyai makna pada dirinya akan tetapi makna tersebut terdapat pada selain dirinya dan ia tidak berzaman. Huruf yang dimaksud adalah huruf yang telah ditetapkan oleh ahli bahasa ( الوضع )*. Huruf dinamakan dengan Huruf dikarenakan ia menjadi bagian dari kalimat yang tidak mempunyai makna dengan sendirinya dan ia juga bukan merupakan rangkaian dari rukun isnad.
Huruf terbagi kepada 3 bagian : Huruf yang dipakai pada Isim dan Fiil, yang dipakai pada Isim dan yang dipakai pada Fiil.

* جاء لمعنى

Tidak ada komentar:

Posting Komentar